Secure Device Access

TUJUAN

1. Siwa dapat mengetahui perindah dasar konfigurasi switch.

2. Siswa dapat mengetahui cara mengaktifkan password.
3. Siswa dapat mengetahui cara mengktifkan sectret.
4. Siswa dapat mengetahui caramnektifkan console password.
5. Siswa dapat mengetahui cara mengaktifkan vty password.
ALAT DAN BAHAH

1. PC/ Laptop

2. CISCO Packet Tracer

DASAR TEORI


1. Enable password

Fungsinya untuk mengaktifkan password pada perintah enable password.
syntax :
cisco(config)#enable password kata-password yang diiinginkan 
misal kata-password yang diinginkan adalah cisco, maka bentuk perintahnya 
cisco(config)#enable password cisco

2. Enable secret

Fungsinya untuk mengaktifkan kata secret pada perintah enable, fungsinya sama dengan perintah enable password, namun enable secret memiliki prioritas yang lebih tinggi dan kata secret dalam bentuk terenkripsi.
syntax :
cisco(config)#enable secret kata-secret yang diinginkan
misal kata secret yang diinginkan adalah class, maka bentuk perintahnya adalah
cisco(config)#enabel secret class

3. Line console

Mengaktifkan password pada line console, agar hanya orang yang mengetahui/ memiliki password saya yang bisa mengakses router melalui line console. Router hanya memiliki 1 buah line console.
cisco(config)#line console 0
cisco(config-line)#password kata-password yang diinginkan
cisco(config-line)#exec-timeout 5
cisco(config-line)#login

4. Line Virtual Terminal

Mengaktifkan password pada line virtual terminal, agar hanya orang yang mengetahui/ memiliki password saya yang bisa mengakses switch melalui line virtual terminal. Router hanya memiliki 5 buah line virtual terminal (vty).
cisco(config)#line vty 0 4
cisco(config-line)#password kata-password yang diinginkan
cisco(config-line)#exec-timeout 5
cisco(config-line)#login

LANGKAH KERJA


1. Buat topologi jaringan seperti gambar dibawah ini.

2. Kilik switch lalu pilih menu CLI.



3. Ketikan perintah "en" pada switch untuk masuk ke mode previlage. Lalu, ketikan perintah "conf t" untuk mengkonfigurasi terminal. Dan saya mengganti nama switch dengan perintah "hostname" saya berinama SWriksa.


4. Selanjutnya saya akan mengkatifkan password dengan perintah "enable password " saya masukan passwordnya 'riksa'.


5. Kemudian aktifkan secret dengan perintah "enable secret" saya masukan 'riksakn'.


6. Ketikan perintah "line console 0" untuk masuk ke konfigurasi line console. Setelah itu ketikan perintah "password" untuk setting password line console saya masukan passwordnya 'riksacon'. Lalu saya mengatur waktu untuk switch terkunci otomatis dengan perintah "exec-time" saya setting '5 0' agar switch terkunci setiap 5 menit sekali. Ketikan perintah "login" agar password line consolenya aktif dan ketikan perintah "exit" untuk keluar dari konfigurasi line console.


7. Ketikan perintah "line vty 0 4" untuk masuk ke konfigurasi line vty. Setelah itu ketikan perintah "password" untuk setting password line vty saya masukan passwordnya 'riksavty'. Lalu saya mengatur waktu untuk switch terkunci otomatis dengan perintah "exec-time" saya setting '5 0' agar switch terkunci setiap 5 menit sekali. Ketikan perintah "login" agar password line vtynya aktif dan ketikan perintah "exit" untuk keluar dari konfigurasi line vty.


8. Lalu kita cek hasil konfigurasi kita dengan perintah "do show run".


9. Kita ketikan perintah "exit" untuk keluar dari mode konfigurasi terminal dan ketik lagi perintah "exit" untuk keluar dari mode previlage. Setelah exit kita akan kembali ke awal sebelum masuk ke switch kita harus memsaukan console password terlebih dahulu dan untuk masuk ke mode previlage kita perlu memasukan secret password. 




PEMBAHASAN

KESIMPULAN

Enable password berfungsi untuk mengaktifkan password pada perintah enable password. Secret password fungsinya  sama dengan perintah enable password, namun enable secret memiliki prioritas yang lebih tinggi dan passwordnya  dalam bentuk terenkripsi. Console password berfungsi untuk  mengaktifkan password pada line console, agar hanya orang yang mengetahui/ memiliki password saya yang bisa mengakses router melalui line console. Line virtual terminal berfungsi mengaktifkan password pada line virtual terminal, agar hanya orang yang mengetahui/ memiliki password saya yang bisa mengakses switch melalui line virtual terminal.

REFERENSI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Group Policy

Install & Konfigurasi CACTI (Debian 8) on Virtual Box

Mangageable Switch