Instalasi Mikrotik dan Kunfigurasi Dasar

Pada postingan ini saya akan mengulas tentang cara menginstal Mikrotik pada virtual box. Seblumnya saya akan sedikit mngulas tentang Mikrotik.

Tujuan postingan ini untuk Memahami konsep Instalasi Mikrotik dan Perintah dasar

MIKROTIK

MikroTik merupakan sistem operasi jaringan (operating system network) yang banyak digunakan oleh Internet Services Provider untuk keperluan firewall atau router network. MikroTik OS menjadikan computer menjadi router network yang handal yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun wireless.
Dalam pembahasan kali ini  menyajikan pembahasan dan petunjuk sederhana dan simple dalam mengkonfigurasi mikrotik untuk keperluan-keperluan tertentu dan umum yang biasa dibutuhkan untuk server/router maupun jaringan lainnya, konfirugasi tersebut meliputi : web-proxy, tranparant proxy, firewall, BW Management dan Versi MikroTik yang akan digunakan untuk pembahasan kali ini adalah MikroTik 2.9.27


Spesifikasi Hardware minimal :
•  Memiliki 2 NIC
•  RAM 128 MB
•  HDD 4 GB
•  Processor P-III 800 Mhz

Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan akan semakin baik pula unjuk kerja server yang akan kita buat.

Namun jika anda hanya membutuhkan sebagai router dan Bandwith Limiter (BW Manajemen) dapat anda lakukan di komputer P-II atau bahkan P-I dengan spesifikasi RAM dibawah 128 MB dan HDD dibawah 4 GB 

Ok sekarang kita akan mulai instalasi alat dan bahan yang di butuhkan adalah 
Virtual Box
Mikrotik.iso

Pertama buka pc kalian lalu klik Baru untuk membuat virtual machine baru. Pada type-nya saya other dan versi-nya saya memilih oteh/unknown (64-bit) saya beri nama blog kemudian kilik lanjut.

Untuk ukuran ram saya memilih 128 mb lalu klik lanjut.

 

Pada pembuatan virual hardik saya membuatnya dengan ukuran 2,00 GB saja. Untuk langkahnya kalian lihat pada gambar. Jika telah selesai kalian klik buat.








Saya setting pengaturan jaringan di awal karena saya akan menggunakan 2 port jarinngan. Untuk setting kilik pengaturan lalu pilih jaringan pilih adaptor 2 lalu setting seperti gambar dibawah ini. jika telah selesai klik ok.


Kemudian klik mulai. Pada saat pertama kita pilih iso mikrotik. Untuk lebih jelasnya kalian lihat pada gambar.

Setelah proses booting akan muncul menu pilihan software yang akan di intall, pilih sesuia kebutuhan yang akan direncanakan, jika anda menginginkan semua menu terinstalasi tekan huruf “a”. Saya memilih semua nya saja jika kalian telah selesai tekan huruf "i" untuk menginstal.


Setelah kalian tekan huruf  “ Y “ akan diikuti proses pembuatan partisi dan format disk. Lalu kalin tunggu sampai instalassi selesai.



Jika instalasi telah selesai tekan enter untuk merestar virtul machinee kalian.


Apabila semua proses instalasi tidak mengalami error setelah reboot ulang di layar akan muncul tampilan user login dan password, seperti gambar berikut :



Secara default user yang dipakai adalah user admin dengan password yang masih kosong. Setelah login tampilan awal akan seperti berikut :


Dalam pembahasan kali ini di bahas tentang bagaimana cara membuat MikroTik router pada sebuah komputer standar yang dilengkapi dengan 2 buah ethernet card. Topologi jaringan MikroTik router yang akan dibahas seperti gambar berikut:



Sebelum melakukan konfigurasi ethernet, perlu anda ketahui bahwa MikroTik OS bisa diakses :
•Via Console : mikrotik router board ataupun PC dapat diakses langsung via console maupun remote akses menggunakan putty
•Via Winbox : mikrotik bisa juga diakses/remote menggunakan software tool winbox
•Via web : mikrotik juga dapat diakses via web/port 80 dengan menggunakan browser. Dalam konfigurasi ini, mikrotik diakses via console dan tool winbox.


Setelah Mikrotik terinstall, kalian setting mikrorotik untuk mengaktikan bebrapa software package. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini.



Lalu kalian aktifkan ethernet yang terpasang dan delanjutkan dengan memberi nama pada ethernet kalian.
Nama eth 0 : coba1
Nama eth 1 : tes 2


Kemmudian kalian setting ip addres pada setiap ethernet.
Ip eth0: 192.168.0.1/24
Ip eth1: 10.10.0.9/24



Setelah itu, kalian setting ip dns dan gateway.
Gatway : 192.168.0.100
Ip DNS : 222.20.212.20


Untuk kali ini kalian konfigurasi ip virtualcox host only pada pc kalian. 
IP Address : 10.10.0.10/24
Gateway : 10.10.0.9
Untuk lebih jelasnya kalian lihat pada gambar berikut.


Setilah itu kalian bisa cek koneksi pada mikrotik dan pc kalian dengan cara ping. Bila kalian berhasil maka tampilannya akan tampak seperti dibawah ini. Jika kalian gagal maka kalian harus matikan firewall pada pc kalian.

  

Sekian untuk postingan saya kali ini semoga bermanfaat.

Selamat Belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Group Policy

Install & Konfigurasi CACTI (Debian 8) on Virtual Box

Mangageable Switch